4 Tahapan Cara Menggunakan Optimasi Mesin Pencari (SEO)

Setiap orang memiliki gaya berbeda dalam mengoptimasi mesin pencari (SEO). Ibarat membangun rumah, SEO membutuhkan pondasi yang kuat agar bisa bertahan dari perbuahan algoritma yang tak bisa diprediksi perubahannya.

    Halo….
    Perkenalkan kami SobatDigital memiliki Jasa SEO dan pembuatan website dari tahun 2018. Dalam blog ini kami akan berbagi mengenai langkah-langkah dan cara bagaimana melakukan Search Engine Optimization atau SEO.

    Apa itu SEO ?

    Teman-teman pasti mengenal Google, search engine paling populer yang digunakan masyarakat Indonesia. Saat teman-teman melakukan pencarian informasi di search engine seperti google, maka akan muncul deretan website yang berisikan informasi yang teman-teman cari dan diurut berdasarkan penilaian google. Tentunya teman-teman akan memilih website yang tampil pada halaman pertama dan posisi yang teratas terlebih dahulu, itulah SEO. 
    Beda lagi dengan Search Engine Marketing atau SEM. Perbedaannya terletak ketika teman-teman mengetik di search engine dan yang muncul adalah website yang disamping dibawah judul dan kiri url website tersebut terdapat tulisan Ad atau Iklan. 

    Perbedaan SEO dan SEM

    Jadi perbedaan antara Search Engine Optimization (SEO) dana Search Engine Marketing (SEM) terletak pada cara website berada di halaman pertaman dan posisi teratas, ada yang menggunakan cara organik atau gratis (SEO) dan ada pula yang menggunakan cara membayar Iklan ke google ketika ada orang yang mengklik website tersebut (SEM).

    Kenapa Penting untuk Menguasai SEO ?

    Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, teman-teman tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar ke google untuk website teman-teman dihalaman pertama dan berada di posisi teratas. Keuntungannya akan dirasakan dalam jangka waktu yang lama dan akan mendapatkan channel marketing dan traffic ke website teman-teman sekalian. yah… tentunya dengan kesabaran ekstra, karna untuk muncul di halaman pertama google butuh waktu yang cukup lama.

    Langkah dan Cara Search Engine Optimization (SEO)

    Nah…
    Dalam blog ini kami akan menjelaskan secara bertahap bagaimana mengoptimasi website teman-teman agar tampil dihalaman pertama google. Apa yang akan saya jelaskan nantinya akan sangat bermanfaat bagi teman-teman yang memiliki website dan bisnis yang ingin dikembangkan dan memperbesar channel pendapatannya dengan menggunakan strategi digital marketing, yakni menggunakan strategi SEO website yang akan membantu menaikkan traffic guna mempertemukan teman-teman dengan calon pembeli dan pada akhirnya akan meningkatkan pertumbuhan bisnis teman-teman.
    Kami berharap setelah membaca artikel ini, teman-teman mendapatkan manfaat agar lebih mudah memahami bagaimana SEO itu sendiri dan bisa mempraktekkan hal yang kami bagi dalam blog ini. SobatDigital sangat berharap dapat membantu teman-teman Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang saat ini sedang berjuang membesarkan usahanya dan bisa berada di halaman satu google. Selanjutnya SobatDigital akan membantu teman-teman dengan mudah memahami bagaimana gambaran Digital Marketing itu, sehingga teman-teman tau tidak lagi kebingungan saat ingin Mulai belajar SEO.
    Beberapa artikel akan kami bagikan dan wajib teman-teman baca agar lebih mudah memahami SEO. Berikut penjelasan singkat terkait Artikel yang kami susun secara runut agar teman-teman lebih mudah memahami dan memiliki gambaran yang jelas mengenai Strategi SEO website.

    1. Cara Riset Keywords dan Kata Kunci Potensial
    2. Artikel ini akan membahas tutorial cara riset keywords dan menentukan kata kunci paling terbaik, relevan dan potensial mendatangkan traffic ke dalam website teman-teman. yang juga di dalam tutorial tersebut akan membahas Cara menentukan Kata Kunci Target dan Analisa Kompetisi Kata Kunci dari Website Kompetitor.
      Hasil riset kata kunci yang benar akan menghasilkan traffic pada website. Diharapkan dari jumlah traffic website teman-teman dapat menghasilkan conversi atau terjadi transaksi jika website teman-teman memang ditujukan sebagai website yang menjual produk maupun jasa.
      Oleh karena itu, Kata kunci pun dibagai menjadi 4 berdasarkan tujuan pengguna mesin pencari, yakni : (1) Information Keywords atau kata kunci yang digunakan untuk mencari Informasi; (2) Buying/Money keywords atau kata kunci yang digunakan untuk mencari produk ataupun jasa; (3) Navigation Keywords atau kata kunci yang digunakan untuk mencari alamat website ataupun lokasi; dan yang terakhir adalah (4) Brand Keywords atau kata kunci yang terkait dengan merek.

    3. Optimasi OnPage
    4. Optimasi Onpage bertujuan untuk meningkatkan peringkat website teman-teman dengan mencocokkan relevansi isi atau konten website teman-teman dengan yang dicari dan dibutuhkan oleh pengguna mesin pencari. Untuk itulah kami juga akan membagikan tutorial cara mengoptimasi halaman dan konten website yang bisa dengan mudah teman-teman praktekkan.
      Dalam artikel Onpage SEO ini juga akan membahas beberapa hal yang sangat tekhnis serta membutuhkan konsentrasi tinggi. Walaupun demikian, kami tetap berupaya sebaik mungkin agar teman-teman bisa lebih mudah memahaminya.
      Kita dapat membangun struktur SEO website dengan mudah berdasarkan hasil riset kompotitor yang kita bahas dalam artikel sebelumnya. Berdasarkan data tersebutlah teman teman dapat membuat struktur yang lebih lengkap dan nyaman bagi pengunjung website teman-teman miliki dibandingkan kompotitor teman-teman.

    5. Optimasi Offpage
    6. Optimasi Offpage dalam kebutuhan SEO merupakan usaha mendapatkan review dari website lain dengan memasang link pada website mereka yang akan mengarahkan pengunjung website tersebut datang berkunjung ke website teman-teman. Offpage SEO akan membantu website teman-teman mendapatkan traffic dari website lain atau disebut juga sebagai backlinks.
      Pada tahapan ini pula akan kami bahas terkait backlinks mana yang berkualitas dan berdampak baik untuk website teman-teman dan jenis backlinks yang memiliki pengaruh buruk bahkan akan “ditendang” dari listing mesin pencari.
      jadi ada cara terlarang dan tidak mengikuti aturan (black hat) dan akan mendapatkan penilaian buruk dari mesin pencari yang berakibat fatal untuk website. Ada pula cara yang aman dan paling direkomendasikan (white hat) agar teman-teman menggunakan cara ini untuk mengoptimasi website teman-teman. Serta kami akan menjelaskan cara optimasi diantara Black Hat dan White hat (Gray Hat) SEO  kepada teman-teman.

    7. Mengukur dan Menganalisa Proses SEO
    8. Setelah teman-teman melakukan rangkaian SEO yang dimulai dari Riset, OnPage SEO, lalu kemudian membangun OffPage SEO. Maka kali ini teman-teman harus melakukan evaluasi dari berbagai cara yang telah teman-teman lakukan untuk mengoptimasi website teman-teman sendiri.
      Teman-teman wajib memantau sumber traffic yang dadapatkan website teman-teman berasal dari mana. Apakah traffic yang didapatkan dari keywords, ataukah berasal dari backlinks yang teman-teman bangun ?
      Teman-teman juga perlu mengamati gaya penulisan serta konten yang diasajikan untuk pengunjung website teman-teman. Bukan hanya itu, teman-teman juga perlu melihat tingkat kenyamanan pengunjung berdasarkan kecepatan akses website dan kualitas artikel yang dimiliki website teman-teman. 
    Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, bahwa strategi SEO yang bagus memerlukan waktu yang cukup lama bisa jadi membutuhkan waktu tiga hingga emapat bulan untuk mencapai halaman pertama pencarian Google. Hal ini tergantung dari tingkat tingkat kesulitannya.
    Khusus bagi teman-teman yang tidak mau repot dan menghabiskan waktu mengerjakan optimasi website sendiri, kami dari SobatDigital penyedia jasa SEO dengan senang hati siap membantu website Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik dari waktu ke waktu hingga muncul di halaman pertama hasil pencarian Google.

    LihatTutupKomentar